MENU CLOSE

Support


Info Terbaru

26 April, 2024

Kunjungan Pelaksanaan Asesmen LSPPI ke Universitas Hasanudin Makassar


Alamat Kantor

Kota Kasablanka,
Tower A Lt. 7 Unit C
Jl. Casablanca Kavling 88,
Jakarta Selatan 12870

T. (62-21) 2982 0180
F. (62-21) 2283 6069

Kontak Kami

Frequently Asked Questions

  • *Lupa Username & Password Ujian Tertulis* - Saya lupa "username dan password" untuk akses ke halaman pribadi saya di website SPPI.

  • *Lupa Username & Password Ujian Online* - Bagaimana kalau saya lupa username & password untuk akses ke halaman pribadi saya di web SPPI?

  • *Payment Gateway* - Apa itu pembayaran melalui payment gateway?

  • *Payment Gateway* - Kapan batas akhir pembayaran dengan metode payment gateway?

  • *Payment Gateway* - Bagaimana bila kami belum juga bayar sampai "remaining payment time/sisa waktu pelunasan" kami habis?

  • *Kewajiban Sertifikasi* - Kepala cabang saya melakukan proses penagihan langsung ke konsumen dengan kunjungan, apakah kepala cabang kami harus memiliki sertifikat profesi penagihan pembiayaan juga?


*Lupa Username & Password Ujian Tertulis* - Saya lupa "username dan password" untuk akses ke halaman pribadi saya di website SPPI.

Lupa username : Bapak/ibu harus membuat surat pernyataan/pemberitahuan resmi bermaterai kepada SPPI untuk memberitahukan kealpaan tersebut dan meminta username pengganti lengkap dengan bukti pendukung berupa KTP. Setelah diterima SPPI akan mereset username tersebut dan secara sistem akan dikirimkan melalui email dan sms yang sudah pernah didaftarkan.

Lupa password : Bapak/ibu dapat menekan tombol "lupa kata sandi" di bagian bawah untuk mereset dan meminta password baru secara sistem. Pastikan email yang bapak/ibu sudah pernah daftarkan masih aktif dan valid. Sistem akan memberikan password baru secara langsung ke email bapak/ibu tersebut. Password baru tersebut dapat bapak/ibu gunakan untuk masuk ke akses.

PERHATIAN !!! Username & Password pertama kali diberikan secara sistem melalui email & sms ketika bapak/ibu sudah dinyatakan lulus ujian tertulis. Username dan password tersebut adalah unik dan acak secara sistem. Bapak/ibu disarankan untuk segera mengganti keduanya dengan yang lebih familiar dan tetap aman. 


*Lupa Username & Password Ujian Online* - Bagaimana kalau saya lupa username & password untuk akses ke halaman pribadi saya di web SPPI?

Lupa username : Bapak/ibu harus membuat surat pernyataan/pemberitahuan resmi bermaterai kepada SPPI untuk memberitahukan kealpaan tersebut dan meminta username pengganti lengkap dengan bukti pendukung berupa KTP. Setelah diterima SPPI akan mereset username tersebut dan secara sistem akan dikirimkan melalui email dan sms yang sudah pernah didaftarkan.

Lupa password : Bapak/ibu dapat menekan tombol "lupa kata sandi" di bagian bawah untuk mereset dan meminta password baru secara sistem. Pastikan email yang bapak/ibu sudah pernah daftarkan masih aktif dan valid. Sistem akan memberikan password baru secara langsung ke email bapak/ibu tersebut. Password baru tersebut dapat bapak/ibu gunakan untuk masuk ke akses. 

PERHATIAN !!! Username & Password untuk ujian online pertama kali diberikan secara sistem melalui email & sms ketika bapak/ibu pertama kali didaftarkan. Username dan password tersebut adalah unik dan acak secara sistem. Bapak/ibu disarankan untuk segera mengganti keduanya dengan yang lebih familiar dan tetap aman. 


*Payment Gateway* - Apa itu pembayaran melalui payment gateway?

Sebuah layanan sistem pembayaran online dengan proses otorisasi transaksi secara sistem/otomatis. Sistem layanan ini akan memberikan kemudahan dan kecepatan proses ototirsasi untuk pelanggan, dimana pelanggan tidak perlu lagi melakukan upload konfirmasi pembayaran tetapi cukup melakukan pembayaran ke nomor virtual account yang diberikan oleh sistem melalui berbagai pilihan bank yang tersedia (BCA, Mandiri, BNI dan Permata) dengan berbagai pilihan metode bayar (bank transfer dan/atau internet banking). 


*Payment Gateway* - Kapan batas akhir pembayaran dengan metode payment gateway?

Bapak/ibu harus mendaftarkan keikutsertaan dan melakukan pembayaran paling lambat 7 hari sebelum tanggal ujian (H-7)


*Payment Gateway* - Bagaimana bila kami belum juga bayar sampai "remaining payment time/sisa waktu pelunasan" kami habis?

Secara sistem kami memberikan waktu 48 jam untuk melakukan pembayaran ke nomor virtual accout yang sudah diberikan. Bila sudah melewati batas waktu tersebut maka dianggap belum melakukan konfirmasi dan mendapatkan slot ujian. Bapak/ibu dapat kembali melakukan pembayaran dengan menekan tombol "bayar" kembali di invoice dan akan mendapatkan nomor virtual account yang baru (nomor virtual account yang lama sudah tidak dapat digunakan/kadaluarsa).

*Kewajiban Sertifikasi* - Kepala cabang saya melakukan proses penagihan langsung ke konsumen dengan kunjungan, apakah kepala cabang kami harus memiliki sertifikat profesi penagihan pembiayaan juga?

Benar, semua karyawan yang melakukan fungsi penagihan ke konsumen melalui kunjungan atau melalui telepon wajib memiliki Sertifikasi Profesi Penagihan (SPP). Dengan demikian kepala cabang tersebut akan memiliki 2 (dua) sertifikat yaitu :

1. Sertifikasi Profesi Penagihan (SPP)

2. Sertifikasi Dasar Manajerial (SDM)